Tidak Bersedih Saat Kehilangan

 on 10 May 2010  

Pada suatu hari saya melakukan perjalanan pulang ke kampong halaman kerana ada panggilan orang tua untuk sebuah acara temu kangen bersama. Pagi hari saya sudah bersiap siap, di sela sela persiapan itu saya menulis sebuah ayat 23 dari Surat Al hadid yang bunyinya;

لِكَيْ لَا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا ءَاتَاكُمْ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ.

(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,

Dalam perjalananku, kali ini saya menempuh dua rute yaitu kereta Api Jurusan Tanah Abang dan dari Tanah Abang hendak ke stasiun Ps. Senen meneruskan perjalanan ke stasiun Pasar Turi Surabaya. Tetapi apa yang terjadi, malang menimpa saya. Dalan perjalanan saya menuju Tanah Abang sudah kecopetan, Dompet dan beberapa tanda pengenal serta surat penting lainnya hilang.

Sejak itu dalam hati kecil saya mengatakan bahwa betapa berharganya satu ayat yang saya tulis tersebut. Ternyata kita tidak boleh dirundung susah yang berkepanjangan jika kita tidak mendapatkan keuntungan (baca;hilang) dan sebaliknya jangan berbangga hati jika kita memperoleh kesuksesan dalam sebuah usaha. Ayat tersebut membekas dalam hati dan terasa amat lekat dalam ingatan dengan naas yang menimpa saat perjalanan menuju kampung halaman.

Banyak hikmah yang saya dapat dari sebuah perjalanan tersebut. Dan mengokohkan saya secara pribadi bahwa hidup ini adalah perjalanan yang mana grand desaign-nya telah di tentukan oleh Allah. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi maka bagi seorang hamba harus berusaha, tetapi jika dalam usaha tersebut mengalami kegagalan maka usaha tersebut harus dikembalikan kepada Allah swt.

Memang tidak mudah untuk merasakan hal yang demikian ini, tetapi paling tidak kita telah mempunyai pedoman hidup untuk menapaki jalan hidup itu harusnya bagaimana. carilah beberapa artikel dari blog ceramah singkat



No comments:

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya...

J-Theme